Mimbar Sarasehan Kec. Sei. Lala

Mimbar Sarasehan Kec. Sei. Lala diadakan pada hari Kamis, 14 Februari 2014 bertempat di Aula Pertemuan BP3KKP/UPT Pertanian Kec. Sei Lala. Mimbar Sarasehan merupakan sebuah wadah forum konsultasi antara kelompok tani-nelayan andalan dengan pihak-pihak pemerintah yang diselenggarakan sewaktu-waktu secara berkesinambungan, untuk membicarakan, memusyawarahkan dan mencapai kesepakatan mengenai hal-hal yang menyangkut masalah-masalah pelaksanaan program pemerintah dan kegiatan petani nelayan dalam rangka pembangunan pertanian.
Tujuan penyelenggaraan mimbar sarasehan adalah :

  1. Terciptanya komunikasi yang harmonis dan berkesinambungan antara pemerintah dengan petani sehingga antara program dan kebijakan pembangunan petani singkron dengan aspirasi dan kebutuhan masyarakat petani.
  2. Terjalinnya komunikasi intensif antara sesama anggota KTNA sehingga proses saling bertukar informasi dan pengalaman dapat berlangsung untuk meningkatkan wawasan dan pola pikir dalam mengembangkan usaha taninya.
  3. Sebagai dasar bagi pemerintah dalam menetapkan arah pembangunan pertanian.
  4. Sebagai pedoman bagi organisasi KTN dalam menetapkan program kerja.
  5. Sebagai dasar dan masukan bagi para penyuluhan pertanian dalam menyusun Program Penyuluhan Pertanian.
Peserta Mimbar Sarasehan yang hadir adalah KTNA, UPT Dinas Pertanian, UPT Dinas Perkebunan, UPT Dinas Perikanan dan Penyuluh Pertanian.
Rumusan Kesepakatan Mimbar Sarasehan :

  1. Para anggota KTNA yang sebagian besar juga sebagai ketua kelompok tani akan meningkatkan peran sertanya dalam kegiatan pembangunan pertanian di wilayah masing-masing sesuai dengan potensi dan sumber daya alam setempat.
  2. Permohonan petani desa sungai lala untuk pengembangan budidaya ikan dalam kerambah belum ada tindak lanjut dari instansi terkait, untuk itu kepada instansi terkait diharapkan agar segera ditindaklanjuti.
  3. Dinas UPT Lingkup Pertanian bekerja sama dengan penyuluhan pertanian membantu kelompok tani tidak hanya dalam hal peningkatan kualitas SDM tetapi juga membantu membuat usulan dan permohonan bantuan sarana produksi dan sarana prasarana pertanian lainnya kepada pemerintah sesuai dengan kebutuhan dan potensi SDA yang tersedia.
  4. Dinas Perkebunan akan segera membuat papan pengumuman elektrik tentang harga komoditas perkebunan dan di pasang di Kantor Camat, sehingga masyarakat mendapat informasi resmi harga komoditas perkebunan khususnya kelapa sawit dan karet.
  5. Untuk mendapatkan pupuk bersubsidi kelompok tani harus membuat RDK dan RDKK bersama dengan Penyuluh Pertanian setempat dan mengajukannya kepada pengecer resmi.
  6. KTNA Kec. Sei. Lala harus aktif dan melaksanakan tindakan nyata mendukung pembangunan pertanian bukan sekedar wacana.

Categories:

5 Responses so far.

  1. Terimakasih atas informaasinya. semoga bermanfaat.
    lihat artikel oppo smartphone nya
    oppo
    Oppo R5
    Oppo Find Muse
    Oppo Find 5

  2. Terima kasih diijinkan berkunjung ke web anda, sukses selalu dari hargasamsungsmartphone.com
    Samsung Galaxy Gear
    Samsung Galaxy S
    Samsung Galaxy Note 3 Neo
    Samsung Galaxy pocket

  3. salam sukses dari lenovo, terima kasih telah diijinkan berkunjung ke situs anda.
    Lenovo K900
    Lenovo A6000
    Lenovo A7000
    Lenovo A369i

  4. terima kasih telah diijinkan berkunjung ke situs anda. salam sukses dari hargasamsungsmartphone.com
    Samsung Galaxy Fame
    Samsung Galaxy Chat
    Samsung Galaxy Grand Prime
    Samsung Galaxy Y Duos

  5. salam sukses dari lenovo, terima kasih telah diijinkan berkunjung ke situs anda.
    Lenovo P780
    Lenovo S820
    Lenovo S880
    Lenovo Android Murah

Leave a Reply