Pelatihan Pembuatan Pakan Magot



Pada tanggal 11 Februari 2014 telah dilaksanakan Pelatihan Pembuatan Pakan Magot melalui Kegiatan Pelatihan Petani dan Pelaku Agribisnis BP4KKP Tahun 2014 yang berlokasi di Kantor BP3KKP Kec. Kuala Cinaku. Tujuan dari pelaksanaan pelatihan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Petani Pembudidaya Ikan dalam membuat pakan ikan alternatif dari limbah lokal dalam bentuk magot (Belatung). 
Narasumber pelatihan ini adalah Tarsuwi, S.ST (Koordinator Penyuluh BP3 KKP Kec. Kuala Cinaku), Irsal (Supervisor Penyuluh BP3KKP Kec. Kuala Cinaku), Sriyono, S.PKP (Kabid Kelembagaan dan Pengembangan SDM BP4KKP Kab. Inhu) dan Gunawan. Sasaran peserta adalah petani pembudi daya ikan di Kec. Kuala Cinaku sebanyak 25 orang.

Adapun cara membudidaya Magot secara sederhana adalah :
Siapkan alat-alat seperti Bak tempat budidaya maggot, semprotan bunga dan Pengaduk. Untuk bahannya adalah Ampas tahu 10kg, Dedak Padi 2kg, Ampas Kelapa 2 kg, Bio Urine secukupnya dan Daun Pisang kering.
Cara pembuatannya adalah seluruh bahan dicampur menjadi satu di media fermentasi, selanjutnya semprotkan starter bio urine ke media tersebut. Tutup media tersebut dengan daun pisang kering dan tempatkan di tempat yang terlindung dari hujan dan sinar matahari langsung. Periksalah media tersebut setiap hari, kalau media tersebut kering tambahkan starter bio urine dengan cara disemprotkan. Jika media tersebut basah, tambahkan dedak padi secukupnya.
Maggot siap panen pada umur 10 hari.

Pelatihan disampaikan dengan pemberian materi, diskusi dan praktek sederhana pembuatan magot. Respon peserta sangat baik mengingat bahan-bahan pembuatan magot banyak tersedia di Kuala Cinaku.

Categories: